Cheap Transportation : Johor Bahru – Singapore

Nah ceritanya weekend getaway kami minggu lalu adalah ke Singapore. Tanpa rencana, karena sebetulnya di sekolah anak ada acara Sports Day. Tapi karena iseng akhirnya Sabtu malam tibalah kami di Johor Bahru, menginap di Zoom Inn dan rencananya Minggu pagi menyebrang ke Singapore mengunjungi sahabat kami Yusi dan keluarga.

Karena beberapa pertimbangan kami memilih untuk parkir mobil di Zoom Inn Hotel Johor Bahru dan berencana naik bis ke Singapore, ternyata tidak susah dan murah pastinya hoho.

Check Point

Ada 2 check point untuk masuk ke Singapore dari Johor Bahru dan sebaliknya, yaitu Woodlands dan Tuas. Yang paling ramai pastinya melalui Woodlands, setidaknya di hari Minggu kemarin ramai sekali. Public bus dari KL – Singapore kebanyakan juga melalui Woodlands, tapi ada juga yang melalui Tuas. Kalau mau lebih cepat sebaiknya pilih yang lewat Tuas karena antrian immigrasinya lebih cepat. Kalau mau ke Legoland, Hello Kity atau Johor Premium Outlet lebih baik lewat Woodlands.

Causeway Link Bus

Bisa dipastikan ini adalah cara paling murah untuk commute dari JB ke Sin dan sebaliknya. Beberapa teman banyak memilih untuk tinggal di JB hotel karena lebih murah dibandingkan hotel di Sin yang mahal. Dan saya akui ini adalah salah satu alternatif yang bisa ditiru. Causeway link bus punya 3 pick up point di Sin, yaitu MRT Kranji (CW1) , Queen Street (CW3) dan Newton Circus (CW5). Pick up point di JB adanya di JB Sentral.

JB Sentral ini terminal besar sekaligus check point untuk masuk dan keluar Malaysia. Tidak perlu beli tiket, selepas proses imigrasi langsung saja turun ke terminal bis, antri dan bayar di atas. Sign board-nya kurang jelas, tapi ikuti saja orang – orang yang berjalan, bisa dipastikan tujuannya ke Sin.

Pick Up Point Causeway Bus di JB Sentral

Tiketnya murah saja dan anak dibawah 6 tahun tidak perlu bayar. Saat berangkat kami naik bis CW1 yang tiketnya RM 1, lucunya kalau dari Sin nanti bayarnya SGD 1. Jadi nominalnya sama tapi beda mata uang.

Singapore sudah terlihat, tapi macett

naik mobil pribadi lebih macet jalurnya, lebih cepat naik bis

Bila lancar cukup 5 menit menyebrang ke Sin, setibanya di Woodlands kita harus turun dan membawa semua barang, cap paspor lagi dan ternyata masih harus isi immigration card. Jadi sebaiknya bawa pulpen, kemarin saya pinjam orang dan akhirnya ga bisa dikembalikan karena ga ketemu lagi. Setelah scan barang kembali ke bus, dan bus-nya ga musti sama. Yang penting sama tujuannya.

Selepas immigrasi harus naik bis lagi, MRT Kranji ini dekat sekali, ga sampai 5 menit naik bis sudah sampai. Jadi dalam waktu kurang 30 menit kami sudah tiba di Sin. Naik MRT ke down town (Orchard or Dobhy Ghaut station) tiketnya SGD 2.10 per orang. Tapi memang lama dan jauh, kita akan naik MRT red line arah Marina Bay, 16 stasiun atau hampir 1 jam, sampai ketiduran.

Ketika pulang sore harinya kami mencoba naik Causeway Bus dari Newton Circus. Nah Newton Circus ini hanya 2 stasiun MRT dari Dobhy Gaut, letaknya di dekat food court, jadi keluar MRT station exit B tinggal jalan kaki kurang lebih 150 m ke area food court. Tiket Newton Circus – JB Sentral SGD 2.1, kurang lebih 20 menit ke Woodlands dan dalam 1 jam kami sudah tiba kembali di JB.

pick up point Causeway Bus di Newton Circus

bis dari jam 5 pagi sampai 10.45 malam, setiap saat ada

Jadi kesimpulannya lebih baik naik ke/dari Newton Circus. Kecuali saat rush hour sepertinya lebih enak naik dari MRT Kranji. Dari JB Sentral ini ada bis lanjutan ke Lego Land dan tempat wisata lainnya, jadi ga susah.

Total yang kami keluarkan untuk commute JB-Sin-JB adalah RM 2 dan SGD 8.4 untuk 2 dewasa dan 1 anak.  Mahalan jajan beli minuman hehe.

Advertisements

6 thoughts on “Cheap Transportation : Johor Bahru – Singapore

1. salam kenal. mohon panduannya. saya juga minggu dpn akan menginap di zoom inn dan berencana ke sin. mohon info utk transport umum dr zoom inn ke jb sentral dst sampai marina bay sands yang paling enak lewat mana ya? dan adakah yg bisa share utk penggunaan singapore tourist pass, worthed atau nggak ya untuk yg one day pass seandainya saya berencana ke MBS, merlion park, chijmes, dan chinatown saja
    ?

• Mba Ariestyar, dari Zoom Inn bisa naik taksi ke JB Sentral, sekitar 10 Ringgit. Nanti bisa minta tolong receptionist hotel untuk memesankan taksi via telpon.

Nanti dari JB Sentral langsung naik bis saja. Menurut saya ngga perlu pakai singapore tourist pass, lebih baik beli tiket kereta langsung saja