for a better me

 I love to cook, I love to eat and unfortunately I had bad eating habits.

I love chips, I love all type of fried foods and consume very little amount of fruit and veggie.

I used to be very active girl, I climbed the mountain, I could run 2.4 km in 15 mins but now I only walk from home to LRT station, from station to office, less than 30 mins per day.

 I decided to recalibrate my eating habits and the most important thing is reshape my lifestyle for a BETTER me, the best version of myself I can be

Saya baru saja menyelesaikan #13dayschallenge yang sering disebut-sebut juga sebagai Diet Mayo yang alhamdulillah saya ga termasuk group diet yang MAYOritas gagal itu haha.

Diet Mayo mungkin sudah banyak yang tahu juga ya, ini adalah program diet yang dipopulerkan oleh Mayo Clinic. Awalnya diperkenalkan sebagai metode diet untuk menurunkan berat badan secara cepat untuk para pasien jantung yang akan melakukan operasi dan kebetulan overweight. Aim-nya memang jelas : menurukan berat badan.

Tetapi tentu saja tujuannya bukan hanya menurunkan berat badan, dalam salah satu tulisan di web Mayo Clinic disebutkan bahwa sebetulnya diet ini memiliki tujuan yang lebih mulia, untuk merubah cara pandang, merubah mind set kita tentang gaya hidup.

The Mayo Clinic Diet is designed to help you reshape your lifestyle by adopting healthy new habits and breaking unhealthy old ones. The goal is to make simple, pleasurable changes that will result in a healthy weight that you can maintain for the rest of your life.

Uh susah ya kayanya, idealis sekali, dulu saya sempat berfikir seperti itu. Saya sudah mendengar tentang diet ini sejak 4 atau 5 tahun yang lalu dan saya tidak berani mencoba. Alasannya sederhana : takut 2 minggu ga makan garam, alasan yang cetek kan sebenernya. Dan ini karena saya saat itu tidak mencari tahu dan mempelajari tentang diet ini betul-betul.

Sebenarnya Diet Mayo ini bukan hanya 13 hari tanpa makan garam, tapi ada lagi tahapan berikutnya. Tapi prinsip dasarnya sederhana : follow the mayo clinic healthy weight pyramid. 

Piramid-nya Mayo Clinic ini unik karena berbeda dengan konsep 4 sehat 5 sempurna yang kita pelajari sejak SD. Prinsipnya sederhana, makanlah makanan-makanan dari dasar piramid dengan jumlah yang lebih banyak daripada puncak piramid itu sendiri. Bahasa sederhananya adalah makanlah lebih banyak sayur dan buah daripada nasi dengan daging/ayam/ikan. Kita diperbolehkan makan sayur dan buah sebanyak-banyaknya karena kalorinya rendah, jadi ga usah khawatir kelaparan.

Nah kemudian pastikan kita mengikuti kedua tahapan ini, tahap pertama disebut sebagai Lost it ! dan tahap kedua disebut sebagai Live it !.

Lost it ! inilah yang kita kenal sebagai program diet mayo, 13 hari diet garam. Banyak sekali meal plan yang beredar tapi sebetulnya tidak ada official menu yang dikeluarkan oleh Mayo Clinic. Prinsipnya sederhana saja, ikuti healthy weight pyramid. Menu makanan orang Asia tentu akan berbeda dengan menu makanan orang Amerika. Selain itu juga tidak ada hitungan kalori atau berat daging yang harus dimakan. Sederhana saja ternyata, makanlah sayur dan buah lebih banyak daripada daging/ikan/ayam. Pilih daging yang bebas lemak dan utamakan karbohidrat yang glukosa indeksnya rendah alias kurangi nasi putih. Dalam bahasa sederhana dan instagram hashtag menjadi #nosaltnorice. Bukan hanya memperhatikan asupan makanan, tapi kita juga disarankan melakukan aktifitas fisik alias olahraga, duh memang penting itu ya. Dan setelah 13 hari hasilnya cukup significant, yang pasti akan ada penurunan berat badan dan mau ga mau pola makan kita akan terbentuk.

Live it ! Jadi ga selesai 13 hari saja, tapi kita disarankan melanjutkan pola makan dan tentunya melakukan aktifitas fisik seterusnya. Biasanya penurunan berat badan pada tahapan ini sekitar 0.5 sampai 1 kg per minggu. Jadi bisa dikira-kira sendiri, kalau mau turunnya 30 kg berarti kurang lebih 30 minggu sampai 60 minggu, 1 tahun lah 🙂

Nah simple kan, sangat simple sebetulnya. Menyesal lah saya kenapa tidak memulainya dari dulu. Hanya karena alasan takut ngga makan garam itu dan takut makananya ga enak.

Dengan banyak alasan dan dukungan dan motivasi akhirnya saya memutuskan untuk menjalankan pola makan Mayo Clinic ini sejak 1 Desember 2016 lalu. Tahapan pertama saya adalah 13 hari diet #nosaltnorice itu dan alhamdulillah sudah selesai dan turun 6-7 kg haha, kenapa ada range-nya karena saya baru nimbang badan di hari ketiga. Saya ga tahu berat awal saya berapa. Ukuran baju saya berkurang 1 nomor, ini saya ketahui dengan pasti karena saya hobby beli baju sale yang seringnya kekecilan itu. Dan yang paling menyenangkan memang berubahnya pemahaman saya tentang makan dan makanan, udah ga kepengen lagi deh makan nasi pake sambal banyak-banyak, atau ngemil di kantor makan chips dan minum latte 🙂 Semoga bisa bertahan ni, mohon doa dan restunya.

Ada banyak hal baik yang ingin saya share, semoga ga kelupaan ya. Salah satunya tentang menu makanan. Seperti yang saya uraikan di atas, sebetulnya tidak ada official menu harus makan apa hari ini atau berat daging yang harus dimakan. Jadi pola makan saya sehari-hari kurang lebih seperti ini :

Sarapan : lemon shot, air hangat, buah

Lunch : sayuran, daging/ikan/ayam/telur dengan sedikit karbohidrat selain nasi

Dinner : sayuran, daging/ikan/ayam/telur

unnamed

Day 1 – Lunch Menu : Gyeran Mari (Korean rollete omelette), baked potato with Italian herbs, baked tomato with feta cheese and green salad

Nampak membosankan tapi ternyata tidak. Saya tetap memasak seperti biasa dengan bumbu lengkap tapi tidak menambahkan gula dan garam. Percaya ngga percaya ternyata rasanya tetap enak. Selain itu memasak pun menjadi pengalaman tersendiri. Variasi makanan saya lebih banyak dan ternyata memasak ala diet Mayo ini super cepat.

Saya jadi tahu kalau air jeruk lemon itu sebetulnya manis, bukan asam. Sayuran yang direbus atau dikukus sebentar saja ternyata memiliki rasa manis alami dan rasanya lezat. Ikan atau seafood lainnya sebenarnya sudah memiliki rasa asin dan gurih, dan sejujurnya makanan favorit saya selama 13 hari ini adalah ikan, karena rasanya paling enak.

unnamed-6

Day 3 – Dinner Menu : Grilled Salmon with bean sprout Teppanyaki style

Setelah beberapa hari saya juga tahu bahwa sebenarnya saya hanya memerlukan 1 kali saja asupan protein. Ternyata membosankan kalau siang makan daging lalu malamnya makan ayam, akhirnya saya sesuaikan sendiri menu makan saya. Malam hari biasanya saya hanya makan sayur, atau buah atau malah pernah hanya mint tea. Menu makan siang saya yang kaya sayuran ternyata cukup membuat saya kenyang sampai keesokan harinya. Beda dengan hobby saya selama ini, siang makan Padang malam nasi goreng 🙂

unnamed-11

Day 10 – my super food for dinner, Pomegranate with blueberry greek yogurt

Yup banyak sekali hal baik dan alhamdulillah hanya 2 hari saja hari – hari berat penuh godaan yang saya alami. Dan itu gara-gara nongkrong di warung kopi. Jadi saran saya sebaiknya kurangi aktifitas sosial, di rumah dulu ajalah, bersih-bersih rumah atau olahraga.

Hal penting lainnya yang bisa kita lakukan adalah mencari dukungan. Dalam kasus saya ada 2 orang teman yang volunteer untuk ikut bergabung dengan program diet saya ini. Mereka berdua langsing sehat, tapi mereka menemani saya dengan makan siang menu yang sama, #nosaltnorice. Menyenangkan bukan, berbagi penderitaan yang sama. Di akhir program malah ada total 4 orang yang bergabung dan kami berkomitmen untuk meneruskan pola makan ini bersama-sama. Jadi memang betullah, kita hanya perlu dukungan.

Itu saja dulu, nanti lain kali saya bahas ya kenapa sih kita harus melakukan diet garam.

Stay health stay happy 🙂

Advertisements

17 thoughts on “for a better me

  1. Meal plannya nampak enak-enaaakkk… Gw jadi tergoda nih May. Pingin nurunin berat badan 5kg aja kayaknya susaaahhh deh. Dulu sempet nyoba paleo diet, yang ada craving karbo gila-gilaan 😀 Tapi udah bisa sih makan salad pas makan siang, malah doyan karena energinya tahan lama dan anti-ngantuk. Cuman ya itu, noodle is my happiness 😉

    • Ah iya gw pernah baca tuh tentang paleo diet, kayanya bakal ga sanggup juga. Yup ternyata sayur dan buah itu beneran super food, pas 13 hari ini gw ga minum kopi sama sekali, teh hanya sekali itu juga teh hijau. Tapi beneran ga ngantuk, seneng deh

      Gw juga masih doyan noodle 😅, padahal tahu itu isinya terigu doang ama telur. Tapi emang enak, sesekali harusnya ga papa kali ya, langsung compensate Makan sayur dan buah yang banyak 😁

      • Kayaknya kunci diet buat gw yang sukses itu mengubah pola makan sedikit demi sedikit tapi konstan. Ga bisa langsung drastis. Eh kalo mayo diet boleh makan yoghurt ga sih?

      • Iya Dit, katanya memang begitu, kuncinya konsistensi. Ini yang gw takutkan sekarang, karena abis ini mau liburan 2 minggu 😀
        Semoga bisa istiqomah – lah haha.

        Yoghurt boleh, masuknya di protein itu. Gw sebenernya mau nge cut juga semua produk dairy, tapi pelan-pelan lah, gw belum sanggup berpisah dari butter.

  2. Waaahhh asyiiikkk turunnya banyak dan berasa lebih sehat ya May. Aku sudah lama juga dengar ttg Diet Mayo ini. Aku sudah ada draft sebenarnya tentang tahun ini sudah berhasil mengurangi nasi, garam, dan minyak goreng (belum selesai nulisnya sejak 2 minggu lalu, malah nulis yg lain😅). Sejak bulan maret aku sudah berhasil ga tergantung nasi untuk asupan karbohidratnya. Jadi beras 1kg sudah 2 bulan ini ga habis2 😅. Minyak 1L 4 bulan juga masih banyak. Perlahan tapi pasti mulai meninggalkan garam. Mengandalkan oven menggantikan goreng2. Aku sudah 9 tahun ini ikut pola makan Food Combining (tapi sabtu atau minggu hari cheating). Dan sejak itu aku memutuskan ga konsumsi daging dan unggas karena memang dasarnya aku ga suka daging dan unggas. Makan berkarbohidrat sekali sehari, karbohidrat ga dimakan berbarengan dengan protein hewani, dan banyak makan raw vegetables. Pagi eksklusif makan buah. Perbedaan yg aku rasakan sejak ber FC, aku sudah lupa kapan terakhir kena flu. Bersyukur juga selama di Belanda dengan cuaca yg aduhai ga ketebak, belum pernah sakit. Semangaaatt May untuk selalu hidup sehat.

    • seneng banget lho Den pas udah selesai, kemarin ini bisa survive sampai 7 hari aja udah seneng, ga nyangka bisa selesai ampe 13 hari plus no cheating 🙂
      Nasi juga sebenernya ga bikin kangen juga ya, karena memang udah niat di awal kayanya. Padahal dulu biasanya kalau overseas trip selalunya ribut nyari nasi.
      Aku pernah juga food combining, dan itu sebetulnya juga bagus, sayang ga konsisten trus akhirnya berenti. Ada masa-masa males bawa bekal dari rumah dan akhirnya makan sembarangan juga.
      Ditunggu juga ceritanya tentang pola makan Deny, pasti menarik. Tetap semangat juga ya Den 😉

    • tadinya gw pikir juga begitu Mba, ngebayanginnya juga serem kan. Tapi ternyata ngga, tapi ya itu ga usah ikutan meal plan nya bule2, itu ngebosenin banget makannya. Akhirnya gw masak aja sendiri yang gw mau, bumbu lengkap tapi ga pakai garam gula, not bad lah hasilnya. Kemarin itu gw malah buka catering buat teman-teman lain juga 😉

      oiya rahasia lainnya adalah sambal dan pedes, ini juga salah satu penyelamat biar makanan ada rasanya

      • hahha boleh banget, kemarin ini gw diet gratis jadinya Mba, karena buka catering itu kan
        coba cek ke toko diving di Kemang Mba, di Dive Master, dia jual merk Aqualung, seingat gw suka banyak promosi.
        Kalau cari yang lebih murah bisa ke Lautan Mas, di Toko Tiga, dia jualnya merk Mares dan selalu diskon

        *buru-buru beli tiket ke bali, mau stalk bulan depan lol

  3. salut mbaaa saluuuut, memang bener yaaa bukan semata-mata diet tapi untuk gaya hidup yang lebih sehat, aku pengen nyobain yang Korean rollete omelette deehh kayaknya enak

  4. kereeeennn, May^^.
    Yang penting jangan dibawa/anggap susah ya. Coba aja jalan dulu… Di kantor sini juga lagi hist nih si DM. Malah pada pake langganan cateringan gitu. Tapi baru denger dan ngerti sejelas-jelasnya malah dari sini. Hahahaha… Thank you, May 🙂

    • katering DM itu mahal juga kan ya, suka liat instagram mereka bisa 2 jutaan hehe. Mending ga usah langganan sebenernya Lilya, karena kemarin itu ada aja hari-hari yang pas lunch udah kenyang dan malam malas makan berat, dan kalau masak sendiri ga bakal nyampe 2 juta 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s