[DIY Backpacking] Bangkok – Krabi

Selamat Tahun Baru 2017, Selamat Tahun Baru Cina juga, telat banget ya. Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua, bisa tercapai semua keinginan-keinginan, kuncinya cuma satu eh dua, bekerja dan berdoa lebih tekun. Semangat selalu 🙂

Minggu lalu kami baru saja pulang dari Thailand.  Trip yang tidak direncanakan sebetulnya karena kami memutuskan pergi saat H-7. Karena baru nyadar bisa libur 6 hari dengan ambil cuti 1 hari saja, dan sekolah Cici juga libur CNY 1.5 minggu, baiklah kita pergi yang murah meriah aja ya.

Pilihan paling dekat dan murah memang ke Thailand, overland, karena tiket pesawat saat peak season mahalnya bukan main, one way KL-Bangkok bisa RM 1,500 per orang, ngga rela kan. Sedangkan destinasi lain seperti Krabi, Phuket atau Chiangmai juga sama, minimal RM 1,000 per orang, one way. Mendingan kita coba naik bis dan kereta saja ya.

screen-shot-2017-02-04-at-8-43-38-am

Rute perjalanan kami kurang lebih seperti map di atas, jauh banget memang haha, total jaraknya (versi google map) 3,380 km. Kalau di Indonesia jaraknya kurang lebih sama dengan Jakarta-Bima PP, cape kan liatnya, tapi ternyata seru banget.

Sengaja saya share disini siapa tahu ada yang terinspirasi. Sering sekali promo tiket murah Jakarta-KL kan, tapi kalau jalannya di seputaran KL terus juga kayanya bosan deh, nah coba overland ke Thailand saja.

Day 1 – Kuala Lumpur to Hat Yai 

Jadi sebetulnya ada dua pilihan transportasi darat dari Kuala Lumpur ke Thailand, bis atau kereta. Perjalanan dengan bis lebih flexible karena pilihan waktu keberangkatannya banyak dan harganya lebih murah.

Rute yang kami pilih kemarin adalah Kuala Lumpur ke Hat Yai yang jaraknya kurang lebih 550 km. Lama perjalanan 9 jam termasuk proses imigrasi di border Malaysia dan Thailand,  di Sadao. Ketika naik bis kita akan diminta mengumpulkan passport dan nanti akan dikembalikan di Changlun disertai dengan arrival dan departure card Thailand yang sudah diisi, baik ya. Proses imigrasi juga cukup mudah, turun dari bis (tidak perlu membawa barang), antri di loket, stamp, selesai.

dsc00022

Imigrasi Thailand di Sado

Overall cukup nyaman, apalagi kami berangkat dari KL jam 11 malam jadi hitung – hitung pindah tidur. Tiket bis RM 60 per orang untuk VIP bus 27 seater dengan reclining seat, selimut dan tersedia power plug di setiap kursi.

Pemesanan tiket sebaiknya dilakukan secara online. Ada beberapa situs booking online yang bisa digunakan tapi  biasanya kami memesan melalui Easybook.  Prosesnya mudah saja, pilih rute perjalanan yang diinginkan, masukkan tanggal keberangkatan, pilih jam keberangkatan dan no kursi. Terakhir lakukan pembayaran (dengan kartu kredit atau transfer bank) dan kita akan mendapatkan voucher bis via email. Voucher bis ini nanti harus ditukar di terminal keberangkatan walaupun ada beberapa bis yang bisa langsung menggunakan voucher tersebut sebagai boarding pass.

Day 2 – Hat Yai to Bangkok 

Hat Yai adalah kota terdekat dari perbatasan Malaysia dan Thailand. Dari sini banyak pilihan transportasi menuju kota – kota lainnya di Bangkok. Bis, van, kereta atau pesawat semua ada.

Kali ini kota tujuan kami yang pertama adalah Bangkok, ibukota Thailand yang jaraknya sekitar 940 km saja dari Hat Yai. Jauh banget memang, perjalanan dengan bis atau kereta kurang lebih 12-15 jam dengan tiket bervariasi mulai dari THB 1000 per orang.

Alternatif lain tentunya pesawat terbang, 1 jam 10 menit saja dan cukup banyak pilihan maskapai dan jam keberangkatan dari Hat Yai.  Harga tiketnya juga bersaing dengan bis atau kereta, minggu lalu kami naik Thai Lion Air dengan tiket THB 1300 saja per orang. Lumayan banget kan, padahal ini bukan tiket promo yang biasanya sekitar THB 800 saja.

Airport Hat Yai cukup dekat dari pusat kota, sekitar 20 menit dengan menggunakan taksi dari terminal bis. Sewa taksi untuk 3-4 orang THB 200.

Day 3 – Bangkok to Lopburi

Salah satu tujuan kami ke Bangkok adalah mengunjungi Lopburi, sebuah daerah di utara Bangkok yang terkenal dengan padang Bunga Matahari-nya yang mekar di bulan Desember – Januari setiap tahunnya.

Lopburi bisa dicapai dengan bis/kereta api/sewa mobil dari Bangkok. Tentu saja kami memilih alternatif paling murah : kereta api, dan yang paling murah juga 😀

dsc00025

Rapid Train Bangkok – Lopburi

Tiket kereta dari Bangkok (Hua Lamphong Station) ke Lopburi hanya THB 50 saja per orang untuk 3 jam perjalanan. Tapi tentunya kereta api kelas KRD haha, hanya ada kipas angin dan tanpa nomor duduk

Day 4 – Bangkok City Tour

Pilihan paling murah untuk city tour tentu saja dengan berjalan kaki. Tapi Bangkok punya alternatif lain yang sangat seru. Cruise di Chao Paraya River yang murah meriah. Tiket per orang untuk sekali naik adalah THB 40, dan kita bebas turun dimana saja. Misalnya turun di Stop 7 untuk Wat Arun. Kalau memang mau seharian naik kapal bisa beli tiket terusan untuk 1 hari yang bebas naik turun, harganya THB 120.

Untuk tempat tempat lain di dalam kota ada BTS dan MRT yang harganya bersahabat, super dingin dan pastinya bebas macet.

Day 5 – Bangkok to Krabi 

Kota tujuan kami yang kedua adalah Krabi, pastinya karena pengen main ke pantai. Krabi letaknya berdekatan dengan Phuket. Krabi lebih cocok untuk keluarga karena lebih tenang dibandingkan dengan Phuket yang hiruk pikuk.

Ada 3 pilihan transportasi : bus, kereta atau pesawat. Harganya ketiganya pun bersaing, kurang lebih sama, mulai dari THB 800. Kami memilih naik bis malam dari Bangkok ke Krabi dengan pertimbangan bisa tidur di jalan dan ga usah bayar hotel lagi. Berangkat dari Khaosan Road jam 8 malam dan tiba di Krabi jam 11 siang.

Pemesanan tiket bus kami lakukan online via website Thaisriram bis. Sebetulnya ada juga Easybook website Thailand tapi ternyata beda harganya lumayan, bisa sekitar THB 100-200 dibandingkan dengan pesan langsung via website bis.

Mungkin Easybook bisa digunakan untuk mengecek jadwal dan nama bis lalu cross check harga dengan website bis yang bersangkutan.

Thaisriram bis yang kami dapat cukup bagus, dengan fasilitas WIFI yang super kencang. Walaupun ada drama yang cukup menyebalkan, kami – semua penumpang tujuan Krabi-Phuket dipaksa turun di Suratthani jam 6 pagi dan diminta berjalan kaki ke terminal bis. Di sini kami menunggu sekitar 1 jam sampai ada bis lain datang menjemput. Kemudian menunggu lagi di stasiun kereta api Suratthani menunggu penumpang kereta dari Bangkok tiba. Sesuai lah ya dengan harganya 😀

Day 6 – Ao Nang Beach Krabi

Hari ini kami habiskan dengan hoping island 4 pulau di sekitar Ao Nang beach. Harga paket per orang THB 400 sudah termasuk antar jemput dari hotel dan makan siang. Super murah. Tetapi ada biaya tambahan lagi THB 400 per orang yang merupakan tiket masuk Taman Nasional. Tapi tetap trip ini murah meriah.

dsc00054

jatuh cinta dengan Ao Nang

Day 7 – Krabi to KL

Jam 7 pagi kami sudah dijemput van yang akan mengantar kami ke Hat Yai, tiketnya THB 400 per orang untuk perjalanan 5 jam. Dari Hat Yai kami naik van menuju border Malaysia – Thailand di Padang Besar, 1 jam perjalanan dengan tiket THB 50.

dsc00012

ETS Train Padang Besar – KL

Dari Padang Besar kami naik kereta api ke KL, ETS dari KTM Berhad dengan tiket RM 80 per orang untuk perjalanan 5 jam.

Kereta yang bagus dan bersih, dan sangat cepat. Pemesanan tiket juga bisa dilakukan secara online via Easybook seperti tiket bis.

Nah mudah saja kan, dan pastinya murah meriah dan aman 😀

Jadi jangan ragu backpacking sendiri, pastinya banyak pengalaman berharga yang bisa kita dapat. Happy traveling.

#bersambung ke tulisan berikutnya, InshaAllah 🙂

Advertisements

14 thoughts on “[DIY Backpacking] Bangkok – Krabi

    • Krabi bagus banget Mba Noni, ini juga pertama kali kita ke Krabi dan langsung jatuh cinta. Makanan enak-enak dan murah, banyak pilihan hotel dan relatif murah juga, pantai dan pulau-pulaunya luar biasa bagus, dan massage juga murahhh

  1. Jalan darat Kamboja – Thailand – Malaysia sebenernya bisa banget ya. Waktu itu pingin nyobain naik kereta dari Bangkok – Phuket tapi sama orang Thailand-nya ga disarankan. Jadinya naik bis, mewah sih ada pramugarinya segala. Tapi sampe sekarang masih penasaran, gw kan pecinta kereta.

    • bisa banget Dit, itu deket kan. Dulu kita pernah jalan darat Chiang Rai – Myanmar, asik juga.

      Kalau ke Phuket dari Bangkok keretanya nyampe Suratthani aja, ntar tetep kudu nyambung bis. Kemarin ini bis kita juga nunggu lama di stasiun Suratthani buat nunggu penumpang kereta dari Bangkok. Kereta yang bagus ada juga kok, tapi harganya jadi kurang lebih sama ama pesawat. Kemarin pas naik KRD itu asik juga, bersih dan memang lebih seru, lihat pemandangan di luar 🙂

    • bis apa nih mba? aku lagi bingung dari bangkok ke hat yai yang paling disarankan pake apa ya? bis atau kereta?
      ada bis yang nyaman banget kah? harganya berapa?
      makasih..

      • Bangkok ke Hat Yai bisa naik bis dan kereta Anti, bisa cek di easybook.com yang website Thailand

        bisnya kurang lebih aja sih, rata-rata bagus

        tapi ini jauh banget lho, bisa 15 jam
        harganya sekitar 1000 baht, kadang ga beda jauh dengan pesawat

  2. Info yg detail mbak. Hehehe waktu itu ke Krabi dari bangkok waktu itu ambil bis maghrib. Hehehe next time pengin coba via darat dari KL 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s